TABIK PUN DESWITA WAY KALAM
Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Propinsi Lampung

HASIL ANALISIS S.W.O.T. PILOT DESA WISATA WAY KALAM

HASIL ANALISIS S.W.O.T. PILOT DESA WISATA WAY KALAM, PANENGAHAN, 
LAMPUNG SELATAN: 18 MEI 2015

STRENGTH /KEKUATAN
WEAKNESS /KELEMAHAN
1.       SDM: 10 orang;
2.       Dukungan aparat desa dan tokoh-tokoh masyakarakat bisa digalang;
3.       Ada 7 kelompok SPP PNPM Perdesaan;
4.       SDA dan sumberdaya lokal lainnya: lokasi Air Terjun Way Kalam, lokasi Air Terjun Way Kuya, tempat paralayang (lokasi di Pujung), lokasi Camping Ground, lokasi Agrowisata (Kebun Kopi, Kebun Pala, Hutan Jati, Pemijahan Lele), seni budaya (pencak + perangkat seni pendukung dan 2 perguruan silat: SH Teratai dan TTK KDH), trip pendakian /hiking ke Gunung Rajabasa dan Danau Gunung Rajabasa, track ekstrim (motor trail, sepeda gunung), kuliner (kopi, dll)
5.       Karakter penduduk: terbuka;
6.       Rumah penduduk potensial dijadikan homestay: 10 rumah, catatan WC dan kamar harus layak;
7.       Perangkat kerja: 2 unit laptop + modem, 2 orang operator;
8.       Kondisi sinyal hp /internet: cukup baik.

1.       SDM: masih terbatas 10 orang;
2.       Kapasitas SDM: masih lemah (soal manfaat kepariwisataan, keterampilan praktis, dll);
3.       Sarana penunjang promosi wisata masih terbatas;
4.       Kondisi infrastruktur pendukung wisata: jalan yang nyaman masih minim, warung-warung /kedai-kedai untuk pengunjung tidak ada, area parkir mobil kurang memadai (kapasitas daya tampung mobil), area parkir motor belum memadai (penataannya), tidak ada fasilitas toilet.


OPPORTUNITY /PELUANG
THREAT /TANTANGAN
1.       Berbisnis di wisata paralayang dan air terjun;
2.       Berbisnis di wisata camping ground;
3.       Berbisnis di wisata homestay;
4.       Berbisnis di wisata kuliner;
5.       Berbisnis di wisata seni budaya;
6.       Berbisnis di infrastruktur pendukung wisata (parkir, toilet, dll);
7.       Berbisnis di jasa pemandu wisata (guide);
8.       Berbisnis di lokasi agrowisata;
9.       Berbisnis di wisata geo-park (pendakian Gunung Rajabasa);
10.    Berbisnis di jasa transportasi wisata /ojek;
11.    Berbisnis di souvenir wisata.

1.       Menambah jumlah SDM pelaku wisata;
2.       Meningkatkan kapasitas SDM;
3.       Membuat, mengembangkan dan mengelola media informasi;
4.       Melakukan lobi-lobi kepada aparat desa, tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum;
5.       Menyiapkan paket-paket wisata (jasa layanan, harga, schedul);
6.       Menyiapkan plang-plang informasi;
7.       Menyiapkan regulasi pendukung (aturan-aturan pengelolaan /tertib pariwisata, Perdes Desa Wisata).

Share on Google Plus

About Redaksi

Terimakasih atas kunjunganya diblog kami, bila ada pertanyaan seputar Deswita Way Kalam silahkan Hub kami di wa.me/6282279292579. Mari kita bersama-sama memajukan Kepariwisataan Lampung Selatan melalui Media Sosial - Salam Pesona Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar